VLOGGING DI MOBIL BOLEH TIDAK YA

Mebuat Video Blog atau Vlog di zaman milenium ini sudah bukan hal baru, terlebih di kalangan anak muda. Berbagai tempat dapat dijadikan sebagai latar untuk nge-vlog, tanpa terkecuali di dalam mobil sekali pun.

Namun bukannya ada larangan untuk menggunakan ponsel atau gawai saat sedang berkendara? Lalu bagaimana nasib para vlogger yang gemar mengabadikan perjalanan dan bercuap-cuap di dalam mobil?

Menggunakan gawai untuk merekam perjalanan nyatanya tidak dilarang, namun yang melakukan pengambilan gambar haruslah penumpang dan bukan pengemudi.

Sebagaimana yang telah diatur dalam UU No. 22 Tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, bahwa pengemudi yang mengoperasikan ponselnya saat sedang berkendara merupakan sebuah bentuk pelanggaran, dan harus membayarkan denda sebesar Rp750.000,00 dengan kurungan paling lama 3 bulan.

Bentuk pelanggaran ini menjadi sorotan karena kegiatan menggunakan gawai untuk vlogging bisa menjadi sarana pengusir kejenuhan saat berkendara. Namun kegiatan tersebut nyatanya juga dapat mengganggu konsetrasi pengemudi sehingga menghilangkan kepekaan dalam melakukan manuver di jalan.

Jusri Pulubuhu selaku Training Director dari Jakarta Defensive Driving Consulting menambahkan bahwa meski yang mengambil gambar adalah penumpang, namun ada baiknya untuk tidak mengganggu pengemudi seperti dengan mengajak berbicara atau melemparkan komentar yang dapat menumpulkan konstrasi saat menyetir.

Selain itu, kamera yang diletakan di depan dasbor stir mobil juga dianggap dapat mengacaukan konsetrasi berkendara sehingga hal tersebut harus dihindari.

Patut diingat bahwa kini Tilang Elektronik sudah berkerja di beberapa ruas jalan di Indonesia, sehingga pelanggaran sekecil apa pun yang Anda lakukan akan selalu tertangkap oleh kamera.

Yuk jadi pengendara cerdas dan jaga selalu keselamatan diri juga pengendara lainnya di jalan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *