TRIK BERKENDARA SAAT BERTEMU TRUK OBESITAS

Keberadaan truk bermuatan berlebih atau Truk Obesitas tidak hanya menjadi PR untuk pemerintah, namun juga para pengusaha. Pasalnya, selain membahayakan pengguna jalan, namun resiko kecelakaan yang disebabkan juga dapat merugikan perusahaan.

Berkendara di belakang truk sendiri menjadi tantangan yang harus diatasi pengendara di jalanan, terlebih lagi karena sudut pandang akan menjadi lebih sempit dengan keberadaan truk besar di depan.

Lalu bagaimana trik mengemudi yang tepat saat bertemu Truk Obesitas di jalan?

  1. Jangan Berada Tepat di Belakang Truk

Meski banyak pengemudi yang menggunakan momen ini untuk mengirit bahan bakar, karena body truk yang besar menghalangi tekanan angin yang datang dari arah berlawanan, namun berada tepat di belakang truk akan membuat Anda tidak dapat memastikan apa yang berada di depan jalan, sehingga manuver berkendara pun menjadi terbatas.

  1. Berkendaralah Dengan Sedikit ke Arah Kanan

Posisi ini membantu Anda untuk mengamati keadaan di depan truk dan memberikan informasi mengenai kendaraan Anda yang berada di belakang kepada supir yang mengemudikan truk.

  1. Jaga Jarak Aman

Berkendaralah dengan tidak terlalu dekat dengan truk yang ada di depan, sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk melakukan manuver saat truk berhenti secara tiba-tiba.

  1. Perhitungkan Kecepatan Sebelum Menyalip

Saat Anda ingin menyalip truk, ada baiknya untuk mempertimbangkan kecepatan kendaraan Anda maupun truk yang ada di depan, karena kesalahan dalam perhitungan ini dapat menyebabkan kendaraan Anda menabrak body truk yang berukuran lebih besar.

Keempat trik di atas dapat Anda lakukan dengan baik jika Anda tetap tenang dalam berkendara. Meski memacu adrenalin, namun pastikan untuk selalu berkepala dingin dan mengambil keputusan dengan bijak saat bertemu Truk Obesitas di jalan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *