SUDAHKAH ANDA MEMANASKAN MOBIL DENGAN BENAR

Memanaskan mobil bagi sebagian orang mungkin merupakan hal sepele. Sikap menyepelekan tersebut mengakibatkan terjadinya beberapa akibat buruk yang justru membuat boros bensin atau bahkan merusak mesin mobil.

Agar terhindar dari hal tersebut, berikut cara memanaskan mobil dengan benar:

Panaskan Mobil Selama Lima Menit

Mesin mobil saat ini telah dilengkapi dengan teknologi yang canggih, sehingga hanya membutuhkan waktu lima menit saja untuk dipanaskan. Memanaskan mobil terlalu lama akan membuat bensin lebih banyak terbuang sia-sia.

Tidak Perlu Menekan Pedal Gas

Penggunaan sistem pembakaran injeksi pada mobil saat ini membuat mesin mobil tetap menyala stabil dan tidak akan mati, sehingga tidak perlu lagi untuk menekan pedal gas.

Matikan AC

Menyalakan AC saat memanaskan mobil dapat memberatkan kinerja mesin karena suhu mesin mobil belum mencapai titik normal. Mematikan AC akan membuat kinerja mesin tidak terlalu berat.

Perhatikan Posisi Transmisi

Bagi mobil manual pastikan posisi transmisi dalam posisi netral (N) untuk mencegah mobil melaju ketika dipanaskan. Bagi mobil matic disarankan untuk tetap pada transmisi parking (P).

Pastikan Rem Tangan dalam Kondisi Aktif

Kondisi rem tangan yang aktif mencegah risiko meluncurnya mobil karena kontur jalan yang tidak rata.

Jadi memanaskan mobil dengan tepat akan membuat mesin mobil lebih terjaga dan awet. Yuk panaskan mobil secara benar mulai sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *