MENGAPA BAN MOBIL SERING KEMPES TAPI TIDAK BOCOR? INI JAWABANNYA!

Pernah merasakan ban mobil sering kempes tapi tidak bocor? Permasalahan ban kempes memang tidak hanya dipicu oleh kebocoran saja. Masih ada beberapa penyebab lainnya yang sayangnya tidak disadari bahwa mampu membuat ban mobil kempes juga.

Ada beberapa penyebab ban mobil sering kempes padahal tidak ada kebocoran sama sekali. Kalau sudah begini, coba perhatikan kondisi ban dan juga apa yang Anda lakukan dengan mobil tersebut. Mungkin salah satunya menjadi alasan ban mobil sering kempes. 

1. Mobil Diparkir Terlalu Lama

Apakah Anda pernah merasakan ban mobil kempes ketika diparkir dalam jangka waktu yang lama, seperti lebih dari 1 minggu? Jika iya, berarti itu adalah penyebabnya.

Ya, ban mobil dapat kempes ketika diparkir terlalu lama. Berdasarkan Hukum Gay-Lussac, ada pernyataan bahwa di dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, maka tekanan gas sebanding dengan suhu gas. Dengan begitu, suhu yang tinggi dapat menyebabkan tekanan lebih tinggi lagi. 

Di dalam ban mobil, ketika suhu dingin, maka penurunan ini menyebabkan tekanan ban menjadi menurun. Akhirnya apa yang Anda dapatkan? Ban mobil menjadi kempes. 

Suhu dingin juga bisa membuat material karet mengalami pengerutan. Ketika karet mengerut, maka terbentuk ruang kosong antara ban dengan velg. Inilah yang menyebabkan udara di dalam ban keluar dengan sendirinya. 

2. Lubang Angin Ban Rusak

Lubang angin atau pentil yang selalu tersedia di permukaan ban harus memiliki segel dengan kondisi baik. Jika ternyata ada celah yang cukup besar untuk membuat angin keluar, maka ban pasti kempes dengan sendirinya. 

Kerusakan ini biasa terjadi karena lubang angin ban mobil sudah berkarat. Karet yang menjadi perapat antara velg dengan pentil juga bisa mengalami getas. Angin juga bisa keluar dari sana. 

3. Kondisi Velg Ban Mobil Peyang

Velg dan ban menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam kinerja mobil. Namun ketika velg mobil mengalami masalah peyang, maka ban dapat kempes dengan sendirinya. 

Peyang yang terjadi di velg menyebabkan dudukan ban tidak mampu menempel rapat. Kondisi ini membuat udara di dalamnya terisolasi. 

Penyebab velg yang sudah peyang biasanya karena mobil sering menghantam lubang di jalan dengan kecepatan tinggi. Jadi, hati-hati dan selalu fokus di jalan agar masalah ini tak terjadi.

4. Tidak ada Penutup Lubang Angin

Penutup lubang angin selalu harus digunakan di bagian ban. Jika tidak ada penutupnya, maka Anda sudah pasti memahami apa yang selanjutnya terjadi. Benar sekali, tekanan angin di dalam ban pasti berkurang. Akhirnya ban mobil menjadi sering kempes. 

Namun bagaimana agar penutup lubang angin tetap tersedia di ban ketika mobil digunakan? Anda perlu mengeceknya setiap ingin berkendara. 

PROMO XPANDER

FREE PPnBM

DP MURAH | ANGSURAN RINGAN

BUNGA 0% KHUSUS 3 TAHUN

TUKAR TAMBAH | CASH | KREDIT | COP

KREDIT MITSUBISHI RINGAN PROMO MITSUBISHI 2021

MITSUBISHIANGSURAN RINGAN
XPANDER3 JUTAAN
XPANDER CROSS3 JUTAAN
ECLIPSE CROSS5 JUTAAN
PAJERO SPORT6 JUTAAN
SIMULASI KREDITTENTUKAN SENDIRI

PESAN BULAN INI

BAYAR DP BULAN DEPAN !


DAPATKAN BONUS

KACA FILM | KARPET | DOMPET STNK | TOOL KIT

TATAKAN PLAT | APAR | SEGITIGA PENGAMAN

FREE JASA SERVICE SELAMA 4 TAHUN

FREE SERVICE SELAMA 4 TAHUN

FREE OLI SELAMA 4 TAHUN

TALANG AIR | BODY COVER | EMBLEM

NANO COATING | PEREDAM SUARA | ANTIKARAT


HUBUNGI GILANG SEKARANG

FAST RESPON 24 JAM

JANGAN SUNGKAN BANYAK BERTANYA

KLIK TOMBOL DIBAWAH


MITSUBISHI XPANDER

HARGA MULAI

Rp. 221.400.000


MITSUBISHI XPANDER CROSS

HARGA MULAI

Rp. 276.500.000


MITSUBISHI PAJERO SPORT

HARGA MULAI

Rp. 502.800.000


MITSUBISHI TRITON

HARGA MULAI

Rp. 262.650.000


MITSUBISHI ECLIPSE CROSS

HARGA MULAI

Rp. 488.750.000


MITSUBISHI COLT L-300

HARGA MULAI

Rp. 196.500.000


HUBUNGI GILANG SEKARANG

FAST RESPON 24 JAM

JANGAN SUNGKAN BANYAK BERTANYA

KLIK TOMBOL DIBAWAH


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *