BAHAYA MENYALAKAN LAMPU HAZARD SAAT HUJAN DERAS

 

Apakah kendala jarak pandang saat berkendara di tengah hujan deras membuat Anda sering menyalakan lampu hazard? Kebiasaan ini ternyata dapat mengakibatkan kecelakaan, karena alasan berikut:

 

Membingungkan Pengendara Lain

Saat lampu hazard dinyalakan, maka lampu sein akan otomatis tidak berfungsi. Keadaan ini akan membuat pengguna jalan lainnya menjadi lebih sulit membaca laju kendaraan Anda dan dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan.

 

Menurunkan Konsentrasi Berkendara

Menyalakan lampu hazard juga berpotensi menurunkan tingkat konsentrasi pengendara lain akibat dari sinar lampunya yang selalu berkedip, khususnya bagi pengendara yang berada di belakang mobil Anda. Jika hal ini terus dilakukan, maka tingkat kesigapan pengendara lain untuk melakukan manuver yang bersifat darurat akan berkurang.

 

Meskipun jarak pandang berkurang karena derasnya hujan, ada baiknya Anda tidak menyalahgunakan fungsi lampu hazard saat berkendara. Sebaliknya, Anda dapat menyalakan lampu utama atau fog lamp untuk membantu memperluas jarak pandang.

 

Selain itu, menurunkan kecepatan mobil juga dapat Anda lakukan saat berkendara di tengah hujan deras. Karena dengan begitu, Anda dapat lebih mudah melakukan pengereman di jalanan yang licin dan jarak pandang minim.

 

Mari biasakan untuk menggunakan lampu hazard sesuai dengan fungsinya, yaitu pada saat mengalami keadaan darurat seperti mogok ataupun kecelakaan. Karena dengan lebih cerdas dalam berkendara dapat menjaga keselamatan Anda dan semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *